Jumat, 25 Januari 2013

Sejuta Hati Untuk Bu Nyai Mas 'Ainiyah


Sejuta Hati Untuk Bu Nyai Mas 'Ainiyah

DI ANTARA SENYUMAN DAN AIR MATA
*Teruntuk Bu Nyai ‘Ainiyah

Di antara mereka yang mengiringi kepergianmu ada guratan-guratan kesedihan yang mendalam
Di antara mereka yang menunduk dengan hormat ada untaian do’a yang mengalun lirih
Di antara wajah-wajah yang kalah bersinar seutas keridhoan pada Yang Kuasa
Di antara mereka aku benar-benar tenggelam dalam linangan air mata

Di antara mereka,
Ada yang cukup lama aku pandangi wajahnya
Wajah kesetiaan dan keteguhan
Begitu tegar meski harus merelakanmu...
Kau pasti tahu siapa...

Ada yang menyebut namamu,
Bergetarlah jantungku
Pertanda bahwa aku sejujurnya masih ingin memandang keteduhan wajahmu
Tapi sepertinya itu hanya serangkaian keputusasaan
Sebab tak mengenalmu sepenuhnya
Padahal kenyataanya aku benar-benar merasa kehilangan di antara mereka yang bernasib sama

Aku tak sampai hati melupakan wajah teduh itu
Wajah itu selalu terbayang meski sekadar dalam bingkai pigura

Benarkah di sana kau tersenyum Bu Nyai…
Kau tak meneteskan air mata sama sekali
Sementara di sini di antara mereka ada linangan air mata
Benarkah di sana kau tersenyum Bu Nyai…
Aku yakin itu,
Kau menatap dunia pertama kali dengan air mata
Sementara di antara sekitarmu ada canda tawa menyambutmu…
Dan sekarang aku menyaksikan dan merasakan
Bahwa kau tersenyum Bu Nyai...
Sementara di antara mereka ada aku juga yang kini tenggelam dalam linangan air mata
Sungguh kami kehilanganmu...
Bu Nyai...
Dengarlah sejenak kami berdoa untukmu
Semoga kau tenteram di sisi-Nya dengan senyummu yang ranum
Dan izinkanlah sekali ini kami memanggilmu, Bunda...
Tuhan menantimu…

Ya ayyatuhannafsul muthmainnah, irji’i ila rabbbiki radliyatan mardliyah, fadkhuli fi ‘ibadi wadkhuli jannati…  

Oleh: Abd. Hakim Abidin
Sejuta Hati Untuk Bu Nyai Mas 'Ainiyah - Di antara siang yang malang (21 Januari 2013)


Bagikan ke artikel ini :

6 comments :

  1. kunjungan perdana,salam kenal,
    ditunggu ya datang ke blog saya

    BalasHapus
  2. masya Allah.. bunyaii.. yg punya blog ini anak mambaus sholihin suci gresik yaa?

    BalasHapus
  3. Amiin Ya Robbal Alamin. Kunjungan silaturahmi siang sobat. Salam.

    BalasHapus